Tes Psikologi Online

  • Definisi Tes Psikologi

Tes psikologi dilakukan untuk memahami kondisi mental dan perilaku seseorang berdasarkan kaidah-kaidah psikologi. Secara umum, asesmen psikologi bertujuan untuk memetakan kondisi elemen-elemen utama kondisi psikologi manusia, seperti perilaku, kesehatan mental, kepribadian, IQ, kecakapan, penyelesaian masalah dan kemampuan beradaptasi atas situasi tertentu. Tes dilakukan untuk beragam kebutuhan yang spesifik. Jenis tes yang diterapkan pada klien ditentukan oleh persoalan yang melekat pada klien atau tujuan dari pelaksanaan tes itu sendiri.

Secara umum tes psikologi adalah metode dan serangkaian instrumen yang dijalankan untuk mengukur aspek-aspek yang tidak teramati secara langsung pada manusia yang menyangkut aspek psikologi. Tes psikologi menggunakan konstruksi tertentu untuk mengukur kondisi tertentu pada manusia.

  • Definisi Tes Psikologi Online

Penggunaan internet secara besar-besaran berimbas pada inovasi dibidang psikologi, salah satunya tes online (Online Assesment). Secara gamblang tes psikologi online ini serupa dengan tes psikologi konvensional hanya saja dibedakan oleh sarananya. ecara gamblang tes psikologi online ini serupa dengan tes psikologi konvensional hanya saja dibedakan oleh sarananya.

Tes Psikologi secara online tentunya praktis dan efisien sehingga itulah yang menjadi keunggulan dari bentuk tes ini, namun ada saja kelemahan atau bisa kita bilang hal-hal yang meragukan dari bentuk tes ini antara lain keakuratan tingkat Realibilitas dan Validitasnya, administrasi, kerahasiaan, kejujuran testee dalam mengisi tes, kendala biasa yang digunakan (mengingat internet dapat diakses secara gobal) dan masih banyak lagi hal yang sedang diperdebatkan mengenai keefektifan tes secara online.

  • Prinsip Tes Psikologi

Beberapa standar belaku pada tes psikologi. Shultz & Schultz (2010) menekankan adanya prinsip yang berlaku pada alat ukur psikologi untuk menghindari kesalahan dalam pengukuran. Kesalahan dalam pengukuran dalam ilmu psikologi dapat berakibat fatal bagi klien yang ditangani. Beberapa Prinsip atau watak yang digunakan dalam alat ukur tes psikologi antara lain:

  1.  Standardisasi alat ukur psikologi

Konsitensi dalam penerapan alat ukur perlu diberlakukan selama proses asesmen dan tes psikologi dijalankan. Konsistensi juga mencakup standadisasi pada pembelakuan prosedur, langkah dan mekanisme pelaksanaan hingga penilaian. Tes psikologi perlu dijalankan pada lingkup yang sama jika dilakukan secara masal (umum) untuk menghasilkan gambaran yang setara.

  1.  Objektivitas dalam Penilaian

Objektivitas pada penilaian tes psikologi bermakna menjauhkan tes psikologi dari pemaknaan-pemaknaan yang bersifat personal. Nilai-nilai yang bersifat bias perlu dhilangkan pada fase penilaian (scoring). Dengan prinsip ini, penilaian dilakukan dengan cara sama untuk memperoleh hasil yang  objektif untuk setiap klien.

  1. Adanya Norma Pengujian

Hasil umum dari pengujian pada kelompok besar yang juga mencakup hasil pengujian pada individu dapat diperbandingkan dengan hasil pada kelompok lain. Proses pembandingan ini perlu mempertimbangkan kesamaan karakteristik pada masing-masing kelompok yang akan diperbandingkan.

  1.  Reliabilitas

Reliabilitas bermakna keajegan. Alat ukur perlu menunjukkan performa yang konsisten setelah dibelakukan atau digunakan pada beberapa tes yang dilakukan menggunakan alat ukur yang sama.

  1. Validitas

Validitas bermakna kesesuaian penggunaan alat ukur dengan tujuan pengukuran itu sendiri. Mengingat satu alat ukur memiliki tujuan dan lingkup pengukuran, maka alat ukur harus dapat digunakan pada konteks yang benar.

  • Lebih memilih mana, tes psikologi yang berbentuk paper (kertas) atau tes psikologi secara online?

Saya lebih memilih tes psikologi yang berbentuk paper (kertas) dikarenakan walau dalam skoring dan pengerjaannya relatif lebih lama dibandingkan dengan tes psikologi online, namun sudah jelas bahwa tes psikologi yang berbentuk paper (kertas) lebih valid dan sesuai dengan prinsip-prinsip tes psikologi yang telah disebutkan diatas itu.

Berikut adalah contoh test psikologi online yang saya lakukan di situs http://disc.landa.co.id

  1. Halaman depan situsScreenshot (29)
  2. Contoh pernyataan pada tes psikologi onlinescreenshot-25.png
  3. Hasil Tes yang sudah saya lakukan.

screenshot-28-e1527751927858.png

SUMBER:

http://ensiklo.com/2015/02/12/tes-psikologi-pengertian-macam-dan-pemanfaatannya/

http://yunitrisna22.blogspot.com/2013/12/tes-psikologi-online-makalah.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s