Kritik Seni Namsan Seoul Tower

NAMSAN SEOUL TOWER (N SEOUL TOWER)

 tytr

  1. Deskripsi

Namsan Tower atau Seoul Tower adalah sebuah pemancar radio yang terletak di Seoul, Korea Selatan. Dinamakan Namsan Tower karena memang terletak di gunung Namsan. Gedung ini dibangun pada tahun 1969 dan baru dibuka untuk umum pada tahun 1980, tinggi menara ini mencapai 236.7 meter (777 kaki) dan berada di ketinggian 479.7 meter (1.574 kaki) diatas permukaan laut. Menara ini awalnya dinamai menara Namsan atau menara Seoul, Namun setelah pemilik menara bekerja sama dengan CJ Corporation, menara ini dinamai Menara Seoul N (nama resmi menara Seoul CJ). Alamat menara ini adalah 산1-3 Yongsandong 2(i)-ga, Yongsan-gu, Seoul, South Korea, Phone: +82 2-3455-9277.

kuui

Banyak cara untuk dapat sampai ke tempat ini, salah satunya dan yang paling banyak dipakai adalah dengan cara naik Cable Car dari Gunung Namsan, dan kemudian berjalan ke menara (tidak butuh waktu lama). Sesampainya di menara, para pengunjung disuguhkan berbagai macam toko suvenir dan restoran, dan mengenai biaya tidak perlu khawatir, karena biaya naik ke menara cukup terjangkau bagi kantong kita.

p9919-seoul-cable_car_to_namsan_tower_observation_tower

Di menara ini terdapat toko oleh-oleh dan sebuah restoran di lantai bawah. Ada balkon observasi yang terletak  di paling atas Namsan Tower dan untuk mecapainya kita harus naik lift berkecepatan super tinggi. Di balkon observasi ini kita dapat menikmati pemandangan kota Seoul dengan luas dan kita juga dapat melihat tempat-tempat penting di Seoul lewat teleskop digital. Di balkon observasi ini ada juga penjelasan yang lebih jelas tentang sejarah kota Seoul, media art digital, dan lain-lain. Jika kalian lapar, di Namsan Tower ini juga menyediakan restoran yang unik (N-Grill) karena setiap 48 /120 menit sekali akan berputar jadi kita bisa melihat kota Seoul hingga 360 derajat.

211451_image2_1

Salah satu yang menarik di menara N Seoul Tower adalah “Love Lock”, yaitu kegiatan memasang gembok di pagar-pagar pada puncak menara yang biasa dilakukan oleh sepasang kekasih. Ratusan bahkan mungkin ratusan ribu gembok telah memenuhi pagar-pagar di puncak N Seoul Tower. Setelah memasang gembok tersebut, kemudian kunci gembok akan dibuang dengan harapan sepasang kekasih itu tidak akan terpisahkan. Selain resto dan warung cemilan yang ada, disini kita juga bisa nemuin Teddy Bear Museum yang menyimpan banyak koleksi boneka beruang yang super lucu. Termasuk diorama sejarah Korea Selatan yang dibuat dengan memakai boneka beruang. Belum lagi toko-toko souvenir yang jual segala macam benda ‘berbau’ Namsan dan Seoul.

Paling enak jika datang kemari pada malam hari karena selain bisa melihat pemandangan lampu-lampu Kota Seoul juga bisa melihat atraksi lampu-lampu menara yang keren dan pastinya jika malam hari suasananya lebih romantis.

yrtyrty

Yang membuat tempat ini semakin terkenal adalah karena banyak drama-drama Korea terkenal yang melakukan pengambilan gambar (syuting) ditempat ini. Seperti contohnya adalah drama Boys Before Flowers, Winter Sonata, My Girl, dan lain-lain.

  1. Analisis

Pada bangunan ini memiliki komposisi simetris, yang apabila dilihat akan terkesan formal yang bisa juga memberikan kesan yang modern. Pada dasarnya bentuk menaranya sama dengan menara-menara lain. Namun, yang membuat menara ini berbeda adalah, bentuknya pada sisi atas, terdapat tiga lantai seperti yang sudah dijelaskan dalam deskripsi diatas. Lalu pada sisi puncaknya sama seperti pada menara komunikasi dan observasi lainnya.

  1. Interpretasi

Warna yang terdapat pada menara ini adalah putih. Karena warna putih adalah warna yang fleksibel sehingga dapat menyatu dengan lampu sorot pada dalam berbagai warna dan corak yang digunakan pada malam hari, sehingga menampakkan keindahan yang sangat luar biasa. Dengan warna dasar putih tersebut, membuat tower ini terlihat makin kokoh dan gagah.

  1. Kesimpulan

Pencipta menara ini sangat kreatif. Karena tidak hanya mementingkan fungsi menara ini sebagai menara komunikasi dan observasi saja, melainkan dapat dijadikan tempat wisata yang bahkan sampai dijadikan sebagai landmark kota Seoul dan merupakan titik tertinggi di kota tersebut. Namun, karena letaknya yang jauh, sedikit membuat pengunjung merasa lelah jika harus sampai kepuncak menara, walaupun sudah disediakan Cable Car.

gtytry

Sumber :

https://yeppopo.wordpress.com/2010/10/03/info-namsan-tower/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s