Pandangan Hidup dan Cita-cita

Pandangan Hidup

Pandangan hidup adalah pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia. Definisi pandangan hidup menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah konsep yang dimiliki seseorang atau golongan dalam masyarakat yang bermaksud menanggapi dan menerangkan segala masalah di dunia ini. Definisi lain dari pandangan hidup adalah falsafah atau prinsip hidup. Dapat dikatakan bahwa pandangan hidup adalah arah atau tujuan hidup seseorang yang ingin dicapai selama hidupnya. Pada hakikatnya cita-cita pastilah suatu keinginan untuk bertansformasi atau hijrah menjadi lebih baik sesuai keinginan kita. Jadi sesungguhnya pandangan hidup itu adalah pedoman atau cita-cita bagi kita, dapat dibayangkan bagaimana seseorang tanpa pandangan hidup pasti hidupnya akan berjalan tanpa tujuan dan hanya mengikuti arus.

Pandangan hidup atau prinsip hidup saya adalah tetap berusaha melakukan yang terbaik di setiap kesempatan, disini yang saya maksud bukan ingin tampil perfeksionis (sempurna) tetapi  melakukan sesuatu hal dengan maksimal tidak setengah-setengah. Jangan takut untuk mencoba, tetap berfikir positif bahwa kamu bisa melakukannya sampai di titik akhir. Lalu bagi saya janganlah kita pernah menunda perkerjaan, menunda perkerjaan berarti menunda keberhasilan kita. Ada kutipan yang menarik yang selalu saya ingat yaitu “You’ll never change your life until you change something you do daily, the secret of your success is found on your daily routine” John C. Macwell (artinya: “Anda tidak akan pernah mengubah hidup Anda sampai Anda mengubah sesuatu yang Anda lakukan setiap hari, rahasia kesuksesan Anda ditemukan di rutinitas harian Anda”)

Apabila seseorang tidak memiliki pandangan hidup dalam dirinya maka dampak negatifnya adalah dia tidak mempunyai pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup dalam menjalani kehidupannya. Sehingga dia tidak mengerti hakikat dia hidup di dunia ini dan juga masa depannya. Untuk menghindari dampak negative tersebut hendaknya kita memegang teguh pandangan hidup yang diyakini, seseorang tidak akan bertindak sesuka hatinya. Ia tidak akan gegabah bila menghadapi masalah, hambatan, tantangan dan gangguan, serta kesulitan yang dihadapinya.

Cita-cita

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), cita-cita adalah keinginan, harapan, tujuan yang selalu ada dalam pikiran. Yang merupakan apa yang mau diperoleh seseorang pada masa mendatang. Dapatkah seseorang memcapai apa yang dicita-citakan? hal itu tergantung dari tiga factor. Pertama ialah faktor manusia yang mau mencapai cita-cita ditentukan oleh kualitas manusianya itu sendiri. Yang kedua ialah faktor kondisi, yang mempengaruhi tercapainya cita-cita, pada umumnya dapat disebut yang menguntungkan dan yang menghambat. Faktor yang terakhir merupakan faktor tingginya cita-cita dalam mencapai cita-cita itu. Cita-cita utama saya sekarang adalah selalu membahagiakan dan membuat bangga kedua orangtua saya dan bisa membahagiakan orang lain yang ada di sekitar saya dan yang pasti adalah membuat diri saya bahagia juga. Niscaya impian atau cita-cita saya itu akan terwujud seiring berjalannya waktu dengan diiringi doa dan ikhtiar (usaha). aamiin~

Mengejar cita-cita harus diiringi dengan usaha dan perjuangan. Bagaimana jika menghadapi kendala dalam meraih cita-cita?  Jika kita menghadapi kendala dalam meraih cita-cita, janganlah langsung menyerah begitu saja, tetapi tetaplah semangat dan terus berusaha dan berdoa. Ingat, Tuhan itu Maha Adil.
Setidaknya beberapa faktor penghambat (kendala) dalam meraih cita-cita antara lain: pergaulan yang salah, penumbuhan karakter dan sikap diri yang tidak benar, passion dan gairah yang tidak sesuai, masalah ekonomi dan yang paling penting adalah cara berpikir. Saya akan bahas satu persatu cara mengatasi hal tersebut seperti berikut ini.
Pergaulan menjadi suatu tempat yang harus anda jaga baik-baik, ada 2 penjagaan yang harus kita lakukan yakni kondisi pertemanan dan lingkup pertemanan, kondisi pertemanan berhubungan erat dengan bagaimana kita menjalin hubungan baik dengan teman/sahabat, dan terakhir lingkup pertemanan adalah bagaimana anda berteman dengan orang-orang dalam suatu lingkungan yang kondusif, mendukung dan mengarahkan pada hal-hal positif.

Tentunya sebuah masa depan gemilang dan hidup dengan cita-cita yang anda impikan dipengaruhi dari sikap dan karakter. kita harus open mind dengan setiap perilaku dan tindakan kita, jangan sampai apa yang kita lakukan berakibat pada seseorang dan seseorang tersebut menaruh respect terhadap kita, syukur-syukur jika respect tersebut adalah positif namun, jika respectnya negatif? oleh sebab itu penting untuk memperhatikan tindakan kita selama ini, instrospeksi diri dan jaga baik-baik sikap kita.

Passion menjadi penentu utama cita-cita yang nantinya akan anda wujudkan, mengapa harus dengan passion? karena dengan passion sebagian besar pekerjaan kita akan dilakukan dengan baik tanpa kendala, hal ini disebabkan karena kita bergairah mengerjakan tugas yang dibebankan kepada kita dan ini sangat mempengaruhi pekerjaan/profesi/cita-cita kita, akan sangat muda mengerjakan suatu tugas yang sesuai dengan gairah kita ketimbang mengerjakan tugas baru yang dalam mengerjakannya kita tidak memiliki gairah sedikitpun.

Masalah ekonomi menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari suatu cita-cita atau harapan untuk ‘bekerja’. namun, jangan beranggapan bahwa anda tidak bisa meraih impian/cita-cita anda untuk bekerja karena masalah ekonomi, sekali lagi masalah ekonomi hanyalah bagian dari cara untuk membangun cita-cita bukan menjadi penentu terwujudnya cita-cita kita.

anda hanya sebatas yang anda pikirkan, begitupula impian dan cita-cita kita. Sudah saatnya anda merubah batasan pikiran kita dengan berpikir bahwa kita pantas untuk masa depan yang lebih baik, masa depan yang besar yang siap bagi kehidupan yang bermanfaat, maka setelah itu perbaiki kualitas diri, pergaulan, ketahui apa yang kita mau, apa yang kita bisa dan apa kemampuan kita dan jadilah orang yang memperjuangkan cita-cita kita.

Sumber:

http://tinnajer.blogspot.co.id/2013/02/faktor-penghambat-cita-cita.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s